[ARTIKEL] Bahaya Radikal Bebas

13:24:00

radikal bebas antioksidan
https://www.pinterest.com/pin/185703184608127549/

Halo, sebenarnya mau up review tapi kok tiba-tiba kepikiran antioksidan dan pengen ngejadiin artikel. Awalnya gak paham-paham, bingung mau nulis apa, trus lama-lama bisa donggg, jadi doonnggg *bangga*. Btw, ada beberapa hal yang aku baru tau juga soal radikal bebas dan antioksidan.

-Radikal Bebas-


Dimulai dari radikal bebas dulu ya, radikal bebas adalah atom atau molekul yang tidak seimbang dikarenakan kurangnya elektron pada orbit atom, sehingga mengakibatkan atom ini menjadi tidak stabil atau kacau. Jadi elektronnya sendirian gitu, gak lengkap berasa ada yang ilang, kayak kamu, kayak aku juga ding. Yaudah kita saling menemani saja *kedip-kedip*.


radikal bebas antioksidan
http://mygohealthy.com/why-are-free-radicals-bad

Selama ini yang aku tau radikal bebas itu hanya dari polusi, rokok, alkohol, dan junk food. Tapi nih, radikal bebas juga terbentuk secara alami dari tubuh dalam proses metabolisme tubuh, yaitu pembentukan energi. Untuk lebih jelasnya mending pake visualisasi aja ya, di video ini:



Cara dia merusak tubuh itu dengan mengambil pasangan elektron atom lain, kan elektronnya sendirian tuh. Nah, karena dia ngambil pasangan elektron atom lain yang bisa aja dari sel kita, mulailah rusak pelan-pelan. Iya kalau satu rusaknya, kalau sekampung gimana? Sekelurahan? Hancur kan.....

radikal bebas antioksidan
http://fuelrunning.com/body/free-radicals-a-clear-and-simple-explanation

Sudah lihat videonya? Sebenarnya banyak efek yang diakibatkan oleh radikal bebas ini, kanker, kerusakan hati, dll. Tapi aku sekarang mau fokus ke kulit aja dulu ya, kalau di kulit yang paling kentara adalah penuaan dini, apalagi ditambah sinar UV. Pada kulit radikal bebas ini menyerang kolagen dan merusaknya, oleh karena itu kulit jadi bertambah cepat keriput.

radikal bebas antioksidan
http://www.infusionhealth.ca/tag/erasewrinkles/
Padahal kolagen ini kayak tiang berdirinya kulit, kalau itu rusak, jelas kulit akan kendor dan muncullah tanda-tanda penuaan dini.

Karena ternyata radikal bebas ini juga hasil sisa dari metabolisme tubuh, jadi otomatis gak bisa kita menghilangkan 100% dari tubuh.  Tapi, tenang aja kita bisa meminimalisirnya kok. Seperti yang sudah kita semua tau kalau radikal bebas pasti dikaitkan dengan antioksidan, kayak Batman-Joker gitu.

-Antioksidan-


Nah, sekarang belajar antioksidan, antioksidan adalah anti oksidan. *yha* nggak nggak gini, antioksidan ini juga atom, bedanya, meskipun ngasih elektron ke atom lain dia tetap stabil. Karena pada awalnya dia sudah stabil, tidak perlu penyesuaian jumlah elektron.

Jadi kalau ada temen kita yang gak stabil, katain aja “dasar radikal bebas!”

radikal bebas antioksidan
http://www.livinglongerlivingstronger.com/products/mistify/


Gampang kok cara memperoleh antioksidan, bisa didapatkan dari makanan, tapi ada juga antioksidan buatan, yang ini aku gak searching lebih jauh.

Jadi nih, karena antioksidan sendiri sudah stabil dan tidak peduli terhadap pasangan (ntah mereka teman tapi mesra atau friendzone) jadi kalau ada elektron yang hilang diambil radikal bebas. Antioksidan ini tidak akan berubah jadi radikal bebas.

radikal bebas antioksidan
http://www.justluxe.com/fine-living/health/feature-1562032.php
Berikut ini aku mau share beberapa ingredients yang bisa kita temukan di skincare:

1. Vitamin E (Tocopherol): dapat mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh ultraviolet, dan mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker.
2. Tocopheryl Acetate (Vitamin E derivative) and Ascorbyl Palmitate (Vitamin C derivative) 
Kedua bahan ini bisa digunakan barengan, dapat membuat kulit lebih halus, meningkatkan elastisitas kulit dan dapat menaklukkan radikal bebas.
3. Vitamin C (Ascorbic Acid)
Vitamin C dapat memaksimalkan efek dari Vitamin E, dan dapat meningkatkan kolagen. Ditambah bisa mencerahkan kulit dan memudarkan dark spots.
4Camellia Sinensis (White Tea) Leaf Extract 
Kaya akan polyphenols, bahan ini bisa mencegah aktifnya enzim penyebab penuaan kulit, nama enzimnya Matrix Metalloproteinases (MMPs), enzim ini bisa merusak kolagen, elastim dan Hyaluronic Acid.
5. Vitamin A (Retinol) 
Pasti sudah pada tau bahan ini ya? Retinol ini mampu meningkatkan produksi kolagen, regenerasi sel, meningkatkan elastisitas kulit. Hebat memang bahan ini, tapi ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan ya sebelum memakai bahan ini, yang tidak aku bahas di post ini.
6. Carrot Seed Oil 
Kaya akan carotenoids dan mudah sekali untuk asimilasi dengan antioksidan. Minyak ini juga dapat melembabkan, meremajakan dan meningkatkan elastisitas kulit.

radikal bebas antioksidan
http://www.livestrong.com/article/261278-high-antioxidant-fruits-vegetables/
Selain dari ingredients skincare, kayaknya gak bakalan afdol kalau belum makan makanan yang mengandung antioksidan juga. Ini nih: bayam, pepaya, semangka, brokoli, biji bunga matahari, selai kacang, gandum, dan alpukat.

radikal bebas antioksidan
https://dailyhealthpost.com/these-9-essential-antioxidants-help-protect-your-body-from-free-radicals/


Sumber:

Salam antioksidan!

You Might Also Like

14 comments

  1. Hai, Limas.. makasi udah share artikel tentang antioksidan. Artikelnya sungguh bermanfaat. Jadi tambah wawasan setelah baca artikel ini.
    Aku abru tahu loh.. kalo vitamin C bisa memaksimalkan efek dari vitamin E.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Belliani! Sama-sama ^^ iya jadi kedua vitamin itu saling bahu-membahu. Terima kasih sudah mampir!

      Delete
  2. Kak Limas, bagus tulisan nya :D.
    Kayanya jalan pinta suspaya sehat ya... makan makanan bergizi dehya.

    Skilled-daydreamer.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rinda! Iyanih makanan itu juga penting, karena sumber energi dan pertahanan tubuh kita. Makasih sudah mampir!

      Delete
  3. waaah bagus nih artikelnya.
    mencegah penuaan dini, daripada mesti ngobatin pake produk anti aging (yang kayanya gak ngaruh juga).

    i just followed. do you mind folowing me back?

    beautynothebeast.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Anisa! untuk produk anti aging aku masih belum cari tau lebih lanjut sih, jadi belum tau ngaruh nggaknya, gak bisa komen hehe. Makasih sudah mampir!

      Delete
  4. Wah makasih banget buat artikelnya hihi jadi tahu lebih banyak.

    visit my blog: frenchkiesa.blogspot.co.id

    btw, boleh minta follbacknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Fatrekiesa, sama-sama, makasih sudah mampir!

      Delete
  5. aku suka banget makan roti gandum + selai kacang. waaaaaah makanan favoritku itu ternyata bermanfaat buanget!

    lim.. aku jadi keinget pelajaran kimia xD


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Sherly mau rotinyaaaaaa, kalau selai aku suka yang coklat :3
      Iya ini masuknya ternyata di ranah kimia, aku aja baru paham setelah bikin post ini :D

      Delete
  6. Makasih loh infonya,
    Lebih enak penjelasannya dan meneruskan informasi ke orang krna mudah bahasanya, walo agak curcol sik #yee gak #uhukk



    Buleipotan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Buleeeeeee, hahaha biar gak stres yang baca, soalnya ini bukan handout xD makasih sudah mampir kak!

      Delete
  7. Aku mau share nih, kulit q oily sensitive and acne prone skin mantan klinik kecantikan X dan sekarang cuma bisa pakai skin care drug store yang kayanya ga ngefek2 amat :D
    Akhirnya aku nyerah, well bukan nyerah juga sih tapi pasrah sama kondisi kulit. Tapi e tapi aku pernah lho coba ngatur gaya hidup, tidur cepet, makan makanan sehat, olahraga dan minum banyak air putih hasilnya? WOW! kondisi kulit dan kebugaran tubuh jadi jauh lebih baik dari sebelumnya.
    Tapi namanya aku suka jajan ya gimana lagi :( hehehe suka ga tahan sama godaan makanan junkie :D jadi kondisi kulit ga ada peningkatan. but it's better than my condition long long time ago I guess. Nah setelah baca artikel ini aku jadi semangat lagi buat ngatur pola hidup dan makanku. ^^


    Thanks ya
    Nuzha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weee, kalau di kamu sebegitu pengaruhnya ya. Semoga bisa ngatur pola makan dan hidup sehat lagi ya! Good luck!

      Delete