[MAKEUP] Tetsuko Kuroyanagi Makeup Look

06:42:00


Halo, karena hari ini adalah hari Kartini, bagaimana kalian para wanita? Apa masih tetap berlindung pada label gender? Apa sudah menunjukkan bahwa wanita juga bisa setara? Atau masih berpihak pada "kan kamu laki-laki!".


Untuk Women Empowerement Makeup Collaboration kali ini aku memilih Tetsuko Kuroyanagi untuk salah satu makeup dan aku jadikan panutan.


Awal kenal aku tau Tetsuko Kuroyanagi itu dari novel, kalian tau Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela? Aku emang dari dulu suka baca, makin ke sini, karena kecapean kerja jadi jarang banget buat baca, aku sedih huhuhuhuhuhuhuhuhu. Itu novel yang paling aku rekomendasikan buat kalian sekalipun yang malas baca.


Karena pembawaannya asyik, kayak ngobrol, gak ada kata-kata puitis, tapi isinya sampai, aku bahkan terinspirasi dari sana. Bukan seberapa banyak aku menggunakan kata-kata berat saat menyampaikan edukasi, tapi bagaimana aku bisa membuat kalian memahami dan mengerti dengan kata-kata sederhana.

Kapan hari kak Rahma bilang kalau post-ku selalu kayak lagi ngobrol, aku sengaja, biar kalian gak bosen dan karena aku kesepian gak ada teman ngobrol. Btw, makasih kak Rahma!

Baiklah, ini kenapa random-ku kumat di sini.

Balik lagi ke Tetsuko Kuroyanagi ya, aku baca buku itu satu hari doang. Yup, beneran enak dan ngalir banget bacanya, sampai dilembar terakhir, aku langsung bertanya-tanya Totto-chan ini siapa, padahal ada kok dilembar awal-awal.

Trus pas sadar kalau pengarang dan nama tokohnya sama aku kayak..... "lho, lho? Satu orang yang sama?" Karena aku kira itu novel. Ternyata masuk ke Children's literature, dan Autobiographical Fiction


Sebenarnya, aku terinspirasi orang-orang yang disekitar Tetsuko Kuroyanagi, Sosaku Kobayashi, kepala sekolahnya. Anak-anak kecil yang ditemuinya saat dia bergabung dengan UNICEF. 

Tetsuko Kuroyanagi mengajariku untuk menyebar kedamaian, saat terjadi perang, dia tidak mengajarkan kebencian akan lawan, dia membagi cinta di negara-negara perang. Tersenyum, ikut bermain. Tidak peduli kalian sudah besar atau kecil, kalian ras dan agamanya apa.



Belum lagi kisahnya dengan Sosaku Kobayashi, orang dewasa yang membiarkan anaknya tumbuh, tidak, bukan membiarkan yang tidak peduli. Tapi Sosaku Kobayashi tidak mengekang, satu hal cerita yang aku ingat saat dompet Totto-chan jatuh di... kalau di Indonesia namanya jamban.

Kepala sekolahnya cuman nanya "ngapain?" Totto-chan bilang "dompetku jatuh, ini lagi nyariin". Trus Sosaku Kobayashi cuman "ooh, oke, semoga ketemu". (Btw ini versi aku ya ceritanya, cerita dan kalimat lengkap baca aja sendiri :p)

Kalau kalian ada di posisi Sosaku Kobayashi kalian bakal ngapain? "NGAPAIN KAMU MAIN DI SINI? MAMAH BILANG APA, KALAU KAMU JANGAN KOTOR-KOTORAN" gitu gak? Kalian pasti menjauhkan kan? Gak usah munak, aku paling juga gitu hehe.





Oke, sekian itu aja, alasanku memilih Tetsuko Kuroyanagi. Meskipun aku sadar ceritanya loncat-loncat.

Lalu sekarang aku ingin bertanya kepada kalian para perempuan cieeeee

Aku mau bertanya aja soal kesetaraan yang sedang kita rayakan setiap tanggal 21 April di Indonesia.

Apakah memang, laki-laki dan perempuan bisa setara? Sama dan tidak ada bedanya?

Apa kalian tau, alasan kenapa dulu ada perbedaan pembagian pekerjaan rumah tangga antara laki-laki dan perempuan?

Jika kalian tau, apa kalian masih marah dan merasa rendah dengan pekerjaan rumah tangga wanita?

Pikirkan baik-baik.

PS: aku di sini tidak menyerang kalian yang bekerja atau kalian yang jadi ibu rumah tangga ya.

Kan setara ya, jadi yang jemput kudu laki-laki.
Kan setara, jadi yang bayarin kudu laki-laki.
Kan setara, jadi kalau ada yang angkat berat-berat laki-laki dong.

Kan kita kuat, setara, tapi kalau angkat-angkat masa' yang cewek.
Ih dasar cowok lemah. 


Maafkan post kali ini random :" dan makasih buat mas pacar yang mau dengerin atau cuman ngebales iya iya aja karena aku bingung nyusun kata.

Kalau mau agak jelasan coba mampir ke Ai di: bit.ly/BS-WEaidacht


You Might Also Like

14 comments

  1. Lims kerudung sanggulnya uda mirip banget sama Toto Chan hihi. Uda aku BL yah hihi

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Inez itu sebenernya lebih stress mau kerudungan model apa, trus akhirnya yaudalah sekalian :D

      Delete
  2. OH JADI INI PENULISNYA TOTOCHAN! CANTIIIK LIIIM<3
    unch unch ada aku fufu :3

    aidacht.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYAAAA ini penulisnya Totto-chan, tuh kan yang terbohongi gak aku ajaaaa

      Delete
  3. Wah, cerita baruu.. aku belom pernah baca. kayaknya bagus dhe. ada children parenting juga. wkwkwk.. *udah emak-emak sih aku.

    Eh, hijabmu mirip sama rambutnya lho..

    Lia,
    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaakkk, baca deh, atau baca sekalian barengan sama anak asyik kayaknya. Ehehehe makasih kak!

      Delete
  4. Aku baru tau perempuan superb ini. Btw mekapmu oke loh!

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  5. Yes dpt info baru..haha kamu cantik loh Lim..

    Www.florensiasella.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah balasan apa ini daritadi dipuji cantik mulu :"""" kak Sella juga cantik!

      Delete
  6. Hai....

    Suka deh ama makeup looknya..terus aku suka dgn gaya hijab kmu :)

    www.savitrihutapea.com

    ReplyDelete