My Skincare Routine

04:21:00




Assalamualaikum :) jadi kemarin teman dunia mayaku, Erna Kusuma penasaran sama skincare routine-ku yang mana sebenarnya aku pernah kepikiran buat. Tapi hampir semua produknya udah aku review di blog, takutnya pada males baca, ehe. Dan maaf sekali janjinya weekend mau dibuatin malah hari ini selesainya, kemarin radangku kambuh, jadi bisanya cuman gulung-gulung di kasur. Kalau dilihat-lihat kayaknya banyak juga ya skincare-ku (._. ).




Ini adalah step paling awal kalau mau merawat wajah. Pembersih, disini aku pake teknik double cleansing meskipun lagi di rumah, cuman pake pelembab aja akupun selalu double cleansing. Kenapa? Karena ngerasa lebih bersih aja, ehe. Nggak ding, karena memang aku merasakan perbedaan saat double cleansing dan pake sabun doang. Sebelum double cleansing wajahku selalu muncul adaaaa aja jerawat yang muncul, munculnya juga setiap hari. Pas double cleansing wajahku jadi lebih jarang jerawatan.

Double cleansing tidak harus juga menggunakan milk cleanser, udah banyak juga oil cleanser dan pake oil yang ada di pasaran (EVOO, Grasepped Oil, dsb.) bukan minyak buat goreng loh ya. Yang kulitnya oily juga diperbolehkan kok pake oil cleanser jangan takut clog pores, asalkan cara membersihkan kalian benar gak bakal clog pores kok.

Aku memilih milk cleanser karena ini murah dan gampang ditemukan, lagipula aku masih bingung juga kira-kira oil apa yang cocok di mukaku, andaikan ada yang cocok, pengen nyoba, sulit nemunya. Aku memilih milk cleanser juga punya kriteria, yaitu no mineral oil. Nggak, aku gak ada pikiran buruk sama mineral oil, cuman emang muka ini gak bisa sama mineral oil, bikin jerawatan.

Diantara semua milk cleanser di pasaran, Mustika Ratu ini yang gak ada mineral oilnya. Kebetulan buat kulit berminyak dan berjerawat. Tapi untungnya langsung cocok! Banget! Ngaruh banget di mukaku. Review tersendiri disini ya.

Caraku pake ini beda dari yang disarankan, aku pake ini di kamar mandi. Jadi aku keluarin di jari, usap-usap di wajah, pijit-pijit ringan. Trus aku bilas pake air sampai bersih, langsung lanjut pake sabun JF Sulfur. Pake sabun JF Sulfurnya juga bukan yang di busain dulu di tangan, tapi langsung aku oles di wajah. Sebenarnya banyak yang bilang lebih baik dibusakan dulu, tapi di aku jadi kurang bersih, timbul jerawat. Sekali lagi, kenali wajah kalian sendiri ya. Karena aku yakin tiap orang punya caranya masing-masing.


Oya, ini harusnya aku pisah memang antara toner dan pelembab tapi gakpapa ya aku jadikan satu? Ehe. Disini tonerku ada dua bukan karena pakainya gantian tapi yang kemarin kehabisan toner Viva, langsung comot aja deh tonernya Sariayu. Tapi ternyata aku masih punya stok Viva *tepuk dahi sendiri*. Bisa dibilang aku ini jarang pake toner tapi gak bisa hidup tanpa toner.

Fungsi toner di aku sendiri itu melembabkan, karena kalau ngoles pakai kapas juga udah gak ada sisa bb cream atau bedak lagi, sudah bersih. Ini bukan fungsi toner seharusnya loh ya, cuman aku beli toner karena aku butuh melembabkan aja. Kenapa melembabkan? Karena kalau habis mandi, aku masih mager buat pakai pelembab, eh ternyata kok diajak keluar, nah aku pakai ini. Selain itu si Acnes juga gak bisa dibaurkan kalau keadaan kulit lagi kering. Gitu aja di aku (.__.   ) tapi penting loh, serius.

Oya, meskipun kulit kalian oily tapi serius jangan remehkan pelembab. Apalagi biasanya beberapa obat jerawat itu ngeringin muka. Jadi imbangi pake pelembab ya.

Nah, untuk pelembabnya aku pilih Acnes karena cuman ini yang cocok di mukaku (belum nyoba-nyoba lagi sih). Whiteningnya lumayan menghilangkan bekas jerawat, tapi di wajah secara keseluruhan biasa aja. Oil controlnya juga so so. Nah trus kenapa bertahan? Karena benar-benar melembabkan, pas pertama kali pakai ini aku merasakan perbedaannya, ngerasa kalau pelembab yang dulu cuman asal aja. Pas pakai ini wajah jadi lebih supel. Gitulah. Apalagi sekarang kulitku rentan kering, udah bukan oily-acne prone lagi tapi combination-acne prone. Yha. Oya, si Acnes ini sering aku pakai buat cream malam juga loh.


"Percuma kalian pake cream mahal-mahal tapi kalian gak pake sunblock". Itu salah satu kalimat yang pernah aku baca, aku gak pernah merasakan bedanya pake sunblock atau nggak sih, paling cuman aku tambah pede aja panas-panasan (bentar doang, jangan lama-lama). Tapi serius aku gak bisa ninggal sunblock, aku kudu pake sunblock. Paling gak ada embel-embel SPF 30, PA ++. Dan harus pakai zinc oxide dan titanium dioxide, aku lebih suka sama 2 komposisi itu. Untuk pengetahuan soal sunblock coba kalian googling lagi ya.

Jadi awalnya aku pakai Acnes UV Tint, dia sheer, bisa sedikit mengurangi kemerahan, gak menambah jerawat (kalau cara membersihkannya benar), oil controlnya oke!! Warnanya juga sebenarnya coklat, tapi di aku jadinya abu-abu, jelek. Kalau jerawat kalian masih merajalela, belum benar-benar bersih kalian bisa pakai ini. Lalu, karena harganya semakin mahal juga, kemarin ngecek harganya Rp. 37.000. Aku pindah ke BB Cream Pixy.

BB Cream Pixy harganya Rp. 30.000, ada SPF 30 PA+++, non comedogenic juga. Cobalah aku, ternyata cocok juga. Cuman aku kalau belum sampai purchase 3x belum jadi official "My Skincare Routine", #Halah. Ini tube pertamaku.



Ini dia obat jerawat andalanku, tara~~~. Obat jerawat murah, isinya banyak, gak ngeringin, kalau kering juga gak jadi perih dan sakit, ampuh lagi di berbagai macam jerawat di wajahku. Aku pakai obat jerawat gak aturan, bisa pagi-sore-malam pakainya. Aku pakai ini setelah pakai pelembab, tujuannya biar kulit di sekitar jerawat gak kering-kering amat. Selain itu kadang aku ngolesinnya gak di jerawatnya aja, hampir di semua bagian yang rawan berjerawat. Untuk antisipasi, dan ntahlah kok kayaknya bisa juga ya ngilangin bekas jerawat? Jadi kalau di rumah aku selalu pakai ini, lagi berjerawat ataupun gak berjerawat.


Ini anak baru di "My Skincare Routine", hahahaha. Jadi sebelumnya prihatin sama hidung yang kok banyak sih komedonya? Tapi gak begitu mengganggu, tapi tetep aja risih. Aku gak tau mau beli apa karena sebelumnya pernah nyoba scrub yang bubuk itu sakit banget, gak maksimal juga di komedoku. Aku cuman kepikiran ini, cari review... hmm... bagus juga reviewnya yaudah deh beli. Hasilnya? Lumayan kok. Kalau buat komedo yang biasa-biasa aja masih bisa ditangani, gak bikin kering juga, licinnya juga biasa aja. Aku suka butiran scrubnya dia kecil-kecil, sedikit sakit, tapi sedikit doang. Dan pernah kan di bagian jerawatku itu kulitnya mengering, nah pas aku pakai ini kulit keringnya ilang! Seneng dong, soalnya pas di bagian jerawatnya cuman aku elus aja. Aku pakai ini 2 hari sekali aku pakai pas malem mau bobok aja.


Jujur sumpah aku bingung namain ini apa, hahahaha. Akhirnya aku namain obat, karena ini emang obat kan? Lihat aja itu ada logo lingkaran merah dan huruf K. Ya, ini obat keras, bebas terbatas, dan harus dengan resep dokter. Tapi aku belinya tanpa resep dokter juga sih (   .__.).

Yang diatas itu Niacef, isinya niacinamide, vitamin B3. Vitamin B3 dikenal di dunia perjerawatan juga, fungsinya selain mengurangi kemerahan, mencerahkan, ngilangin bekas jerawat, dan mengurangi peradangan. Ini aku pakai kalau kulit wajah dirasa mulai kusam, dan ada bekas jerawat, aku pakai ini diseluruh muka. Sebenarnya ini bisa saja aku pakai setiap malam tapi mengingat harga dan isinya segitu aku pakai sesekali aja. Ini tube pertamaku juga, tapi kayaknya aku bakalan purchase deh.

Sedangkan vitacid isininya retinoic acid, aku masih kurang tau soal ini, tapi setauku dia meregenerasi kulit, dan paling sering bikin purging. Aku baru pakai yang vitacid ini, gak setiap malam juga, kalau dirasa kulit cukup lembab, dan jerawat terkontrol aja aku baru pakai ini, jadi aku pakainya misal ya hari senin, trus aku pakai lagi hari rabu/jumat. Karena vitacid ini banyak sekali aturannya, salah satunya tidak boleh dicampur dengan sulfur, sedangkan sabunku JF Sulfur dan obat jerawatku Sariayu lotion jerawat. Tidak boleh dicampur karena salah satu efek vitacid ini bikin kering. Pokoknya banyak banget aturannya, jadi sebelum kalian memakai pastikan kalian benar-benar paham sama retinoic acid ya.


Apalah aku tanpa masker? Aku itu paling rajin maskeran kalau lagi jerawatan hahaha, kalau lagi gak jerawatan cuman pas inget aja maskeran. Maskeranku gak ada jadwadlnya, kadang 2-3 hari sekali, kadang 1 minggu sekali tergantung muka aja. Nah, masker andalanku itu Viva yang ijo, karena murah (cheap but great skincare garis keras!), bisa mencerahkan, dan ngaruh di jerawat, kalau jerawatnya mau sembuh itu membantu pengecilan jerawat, kalau masih aktif-aktifnya biasa aja, tapi menurutku membantu proses penyembuhan kok.

Lalu yang Nu Face itu masker kalau memang wajahku lagi kusam, dia bisa mencerahkan langsung secara instan, cuman di belakangnya ada keterangan gak boleh digunakan saat berjerawat dan ada bekas jerawat (padahal ini anti acne). Kalau yang pertama sih aku gak peduli sama bekas jerawat, aku pakai aja, dan aku suka sama hasilnya. Mangkanya beli lagi, ini yang kedua tapi sampai sekarang belum dipakai juga :D.

*****

Yak itu dia, skincare routine aku yang gak tau bakal ganti atau gak. Ini skincare routine-ku setelah jerawat terkontrol, jadi ini untuk merawat aja bukan yang mengatasi atau menyembuhkan jerawat.

Aku kalau mau mengatasi jerawat pasti pakai yang memang bisa menyembuhkan jerawat, seperti Elicina dan Mizon All in One Snail Cream yang dulu aku pakai. Tapi aku tentukan, jadi kayak aku beli 1-2 tube, lalu aku cari lagi skincare yang bisa menjaga kulitku dan aman di kantongku. Aku dulu pakai Elicina buat ngilangin jerawat, berhasil. Lanjut aku pakai Mizon All in One Snail Cream buat bekas jerawat, berhasil. Dan langsung aku stop gak pakai mereka lagi, bukan karena takut gak mempan lagi tapi karena mahal kalau dibuat "My Skincare Routine". Ehehehehe.

Sampai sekarang aku juga masih jerawatan kok pas PMS, wajarlah, masih ada bekas jerawatnya juga. Tapi ini much better daripada dulu, temenku kuliah ngomong "Dulu ya aku lihat kamu pertama kali itu batin, kok bisa punya jerawat sewajah. Eh tapi sekarang jadi bersih gini kamu".

Buat teman-teman yang berjerawat semangat ya untuk mencari cara mengatasi jerawat! Aku yang dulu kayaknya hopeless gak mungkin aja sekarang jadi ilang (meskipun gak semua).

Love yourself!

You Might Also Like

19 comments

  1. Aku sama kayak kakak acne prone combintion :') sedih deh masih mencari cara buat menghilangkan jerawat. Semangat terus kak limzi ^^
    Devithennia.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Devi! Btw, kulitku sudah benar-benar membaik loh jerawatnya, nanti aku buatkan post untuk cerita tentang jerawatku. Oya kulitmu bagaimana? Dan terimakasih ya sudah mampir ^^

      Delete
  2. Thanks Kak postingannya bantu banget. Aku kulit kombinasi nih jadi yang rawan jerawat cuma daerah T zone, ganggu sih. Aku juga pake Acnes buat sunblock sama gel jerawatnya, gelnya ampuh di aku. Tapi di deket rumah aku ada kaya Beauty Store gitu dan Acnes sunblocknya sekitar Rp 50.000 sekarang Mahal banget. Coba kak sunblocknya ganti Skin Aqua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Arifiani! Gelnya Acnes gak ampuh di aku huhuhu. Skin Aqua udah susah juga ditemukan di daerah rumahku, aku mulai melirik brand sebelah sih. Btw, terima kasih sudah mampir ^^.

      Delete
  3. Pembahasannya menarik banget...^^

    Kunjungi juga dong blog kami
    http://drchanthailandmdo.blogspot.co.id/

    Buat kamu yang mau tips dan nasehat seputar dunia kecantikan dan kesehatan kulit
    Temukan solusinya di blog kami

    Terima kasih ^^v

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Himalaya exfoliasinya beli dimanasih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Himalaya bisa dibeli di Hypermart kok.

      Delete
  6. Hai kak, boleh update my skincare routine ny ga ya hhe dan gm a wajah ny skrng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Wanny! Boleh-boleh nanti aku update skincare routine aku yang baru, wajahku bener-bener tambah bersih sekarang. Sampai pacarku muji. Ditunggu ya! Aku juga masih ngatur jadwal posting dan kerja. Makasih sudah mampir! ^^

      Delete
  7. Aku googling scincare routine untuk kulit jerawat dan blogmu ada di urutan teratas, wkwk. Makasi yaa sharing infonya trus diklasifikasikan menurut fungsi jadinya lebih mudah bacanya.

    putusuci.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Putu! Duh aku langsung seneng banget baca komen darimu :") terima kasih sudah mampir!

      Delete
  8. Itu sariayu obat jerawat namanya apa kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sariayu acne lotion, pilih yang kemasannya besar.

      Delete
  9. Replies
    1. Halo Ayu, sekitar 35rb mungkin ada kenaikan harga juga aku kurang tau kalau sekarang.

      Delete
  10. Untuk sunblock temen2 bisa coba pake emina yg sun protect itu bagus bt yg oily jga gabkin jdi kilang minyak cpt ngeresep nya dan ga bkin whitecast😊

    ReplyDelete
  11. Untuk sunblock temen2 bisa coba pake emina yg sun protect itu bagus bt yg oily jga gabkin jdi kilang minyak cpt ngeresep nya dan ga bkin whitecast😊

    ReplyDelete
  12. PERHATIAN ❗️
    Nak kulit jadi CERAH, GLOWING, PUTIH, HALUS, KENYAL DAN LEMBUT?
    Ini blh dicapai dgn hanya GONCANG dan MINUM sahaja
    MENGAPA ZEPTACOLLAGE??
    (Y) Produk famous dari Taiwan
    (Y) HALAL
    (Y) ISO 22000 / HACCP
    (Y) US patent
    (Y) FDA
    (Y) SGS
    KELEBIHAN ZEPTACOLLAGEN:
    :* Collagen dari GELITA, Germany (since 1875)
    <3 German brand award ‘16
    <3 Top 100 innovator 2017
    <3 Syarikat kolagen terbesar di dunia
    >>Hydrolyzed fish collagen
    >>Size molecule kita adalah 1/100 of kolagen biasa
    :* Acerola ekstrak : vitamin C utk membantu penyerapan kolagen
    KESAN YANG DIJANJI:
    <3 kulit lebih putih
    <3 kulit menjadi lebih halus dan bersih
    <3 kulit menjadi tegang dan Nampak muda
    <3 liang-liang pori menjadi kecil
    <3 kurangkan garis-garis dan kedut-kedut
    <3 pimple kecut dan muka kurang minyak
    <3 kuku yang lebih kuat
    <3 rambut lebih lebat dan bersinar

    nak order?
    pm page: https://www.facebook.com/Zaqueno-Skin-1698193270483766/?ref=bookmarks
    >> direct link ke pm: https://www.facebook.com/messages/1698193270483766/
    atau whatsapp 010-840 9080
    >>direct link ke whatsapp: https://api.whatsapp.com/send?phone=60108409080
    atau wechat: zaqueno
    stok tinggal sikit je! Siapa cepat dia dpt :*

    ReplyDelete