Apa itu RPL S1 Keperawatan?

Juni 24, 2023


Karena masih semangat daftar awal kuliah, jadi mau share tentang RPL S1 Keperawatan. Aku sendiri lulusan D3 Keperawatan, pas kerja galau banget lanjut S1 apa nggak, maunya lanjut terhalang biaya dan kok kuliahnya lama banget kalau reguler ya kan. Kebayang gak malesnya? Hiks. Tau RPL ini juga dari seniorku yang sudah mulai kuliah duluan, akhirnya cari-cari info tapi infonya sendiri masih dikit banget. Mangkanya ini yang pertama kali ingin aku share, agar yang masih mengira-ngira tau apa saja yang harus dipikirkan.

Kalau nyomot dari web Universitas Negeri Yogyakarta, mengacu pada Permendikbudristek No.41 tahun 2021 tentang RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Memang lebih difokuskan kepada kita yang sudah bekerja dan mau lanjut pendidikan lagi. Kalau contoh di aku, diawali dengan status D3, sudah bekerja selama 5 tahun dan ingin melanjutkan S1 dan profesi Ners.

Pertanyaanku selanjutnya tuh, kuliahnya berapa lama? Kalau yang aku tau, rata-rata hanya 1-2 tahun tergantung jurusan masing-masing. Kalau keperawatan, 1 tahun kuliah, 1 tahun untuk profesi ners. Infonya dari seniorku yang sudah jalan program RPL, kredibel kok, hwehehehe.

Berapa biaya yang dikeluarkan? Nah ini mohon maaf, aku gak bisa kasih tau karena belum menjalani, pun harga persemester tergantung dari universitas masing-masing. Tapi nanti aku bakal kasih tau kalau sudah menjalani, kalau info dari seniorku kurang dari 50 juta sudah sekalian profesi (2 tahun). Tapi seniorku itu pake hitungan kasar, kira-kira aja. Oya di beberapa kampus tuh ada yang bisa dicicil tiap bulan, ada juga yang boleh pengajuan penundaan pembayaran, ini penting jugakan buat ngatur keuangan kita.

Kuliahnya offline? Jawabannya juga beragam, ada yang hybrid (offline dan online), ada yang full online untuk kuliah, ada yang waktu profesi wajib full, ada yang cuman beberapa jam aja. Bisa banget ini nanti kalian sesuaikan dengan jam kerja dan kesibukan masing-masing. Boleh ditanyain ke bagian humas kampus untuk pertanyaan ini, agar nanti saat menjalani gak bingung ngatur waktu.

Di beberapa kampus swasta sudah tersedia kontak humas, bisa banget ditanya-tanya, kalian kudu tanya malah, wajib.

Apalagi ya? Oya syarat kuliah bund, ini beragam juga, masing-masing kampus beda. Ada yang mewajibkan kerja 3 tahun, ada yang 5 tahun. Lain-lain syarat umum aja kok, kayak WNI, ijazah terakhir D3, ada juga sih yang wajib melampirkan izin dari tempat kerja.

Oke, segini dulu aja sepertinya yang bisa aku sampaikan waktu kepikiran kuliah, nanti kalau misalkan ada yang perlu aku tambahin bakal aku edit.

Ini rekomendasi kampus apa aja yang menyediakan program RPL  Keperawatan di Surabaya. Sama ada lagi mungkin template izin kuliah di tempat kerja dan prosesku izin kemana aja. Semoga membantu!

You Might Also Like

0 comments