[ARTIKEL] Tidak Kalap saat Berbelanja

08:11:00



Mencengangkan! Wanita ini bisa melewati toko kosmetik dengan banner diskon 50% tanpa membeli apapun! Cara nomer 10 sungguh tidak terduga!

Nggak sih, aku gak pernah nemu diskon 50% huhu, paling yaa cuman 30% nemunya, jadi itu tadi cuman mengada-ada, semua ini semu bahwa ada diskon 50%. (Tapi kalau ada share ke aku plis).



Tapi jujur deh aku tuh lebih pelit buat beli makeup daripada buat dibeli makanan dan skincare, yess, kalau skincare aku yakin bakal kepake. Tapi kalau makeup? Aku juarang tertarik kecuali emang butuh.

https://www.earlylearninghq.org.uk/editable-resources/editable-sale-tags/
Pake dinomerin nih tips-nya? Yaudah biar lebih enak aja yak bacanya gak kayak dengerin aku curhat :"D

1. List Wishlist
http://aptgadget.com/best-free-wishlist-apps/
"Kok malah list wishlist sih?" sahut Netizen.
Tenang, Netizen tenang, baca dulu wahai Netizen.

Gppa... list aja dulu... Serius deh di list dulu, udah belom? Aku anggap udah ya.

2. Coret yang Tidak Dibutuhkan
https://secangkircokelathangat.wordpress.com/2010/05/06/corat-coret-ga-bener/
Nah, udah ngelist kan? Sekarang pikir, mana makeup atau skincare yang habis, itu berarti butuh, gppaaa, meskipun jarang dipake, toh kalian sudah ngehabisin, jadi pasti butuh sewaktu-waktu kan?

Trus, mana yang masih ada atau malah masih ada yang belum dibuka? Lipstick merah masih ada? Ya jangan beli lipstick merah lagi, coret, eh sstttt, c  o   r   e      t. Kamu udah punya, jangan banyak alasan hint ungu, ijo, atau biru (alasan diri sendiri).

3. Sembunyikan ATM

https://lifehacker.com/this-free-app-can-protect-you-from-hidden-credit-card-s-1818689971
Disembunyiin di mana? Kalau aku gak disembunyiin sih, aku biarin di dompet.

"Lha kamu gimana sih Lim nyaranin tapi gak dilakuin!"
Netizen tenang.. duduk dulu...

Gini, ATMku cuman ada satu memang, isinya sengaja gak banyak, karena takut keterusan buat narik ATM. Fungsi ATM juga buat jaga-jaga agar tidak terlena dengan tulisan diskon 50%.

Jadi jangan karena kalian bawa ATM lalu bisa seenaknya narik, bisa belanja juga. Kalau kalian kesusahan untuk mengontrol itu, pakai caraku juga bisa, jadi misal nih isi ATM cuman 100k aja atau 200k. Bisa juga kalian membedakan ATM untuk belanja dan ATM untuk menabung. Kalau untuk tabungan ATMnya aku sembunyikan. Di hatinya seseorang.

4. Bawa Uang Pas


http://jonathanend.tumblr.com/post/4256523476/avatar-parampaa-day-5-dompet-kosong-dalam

Siasat ini cocok buat kalau mau belanja, penjualnya bilang "naikin dikitlah harganya" kita bisa ngeles "uangnya ngepas mbak". Tapi beneran dah, gini ya, kalau kalian bawa uang 5k, trus kalian haus banget, butuh banget minuman, lalu ada diskon bedak jadi cuman 5rb (gak tau bedak apaan, namanya juga ngayal) apa yang kalian lakuin? Tetep beli minum kan karena butuh? 

"Ya aku bakal ambil uang dan balik lah" ucap seorang Netizen.
"Ambil di ATM dong, susah amat" saut Netizen lain,

Nah, kuwi, kalau ada uang di ATM kita bakal terdorong untuk ngambil uang di ATM. Jadi aku tadi mengusahakan ada uang minimal di ATM, uang lainnya ditaruh di bank lain dan tidak menggunakan ATM, adapun gak bakal aku taruh dompet.

Kalau emang mau bawa uang lebih paling aku lebihin 50k doang buat jajan yang lain. 

5. List Harga

https://www.clementinecreative.co.za/free-editable-grocery-list/
Ini ala emak-emak sih, tapi aku sering nyatetin harga barang-barang yang selalu aku repurchased. Contoh aja ya, lipstick, eyeliner, maskara, bedak. Nah aku sering nyatetin harga di toko A, B, C (toko yang deket rumah). Dari situ aku tau mana yang lebih murah, karena perbandingan harganya lumayan sih, bisa 5k atau 10k. Kalian gak harus kok bolak-balik toko untuk beli beberapa produk yang berbeda.

Diatur aja waktu kapan mau ke toko A untuk nyetok bedak, ke toko B untuk nyetok eyeliner. Selewatnya kalian di toko itu aja.

6. Perhatikan Diskon

https://www.123rf.com/photo_9929891_vector-cartoon-of-women-at-clothing-sale.html

Jadi gini, kalau lihat diskon, cari sesuai kebutuhan kalian. Ingat apa aja tadi yang sudah dicoretin. Jangan kumat pas lihat lipstick merah karena jadi seribu doang. Inget lipstick merah di meja rias, jangan lupakan mereka.

Salah satu strategiku lagi adalah, saat tau barang yang aku butuhkan, dan pasti aku pakai sampai habis, lagi ada diskon, aku biasanya beli dua. Buat stok, gak masalah, karena pasti habis dan akan selalu butuh. Contoh, makeup remover. Tapi kalau di stok sudah ada lima ya jangan beli lagi, kasih tau info diskonnya ke aku aja.


Itu aja saran-saran dari aku, yang penting kalian bisa bijak aja dalam pengaturan uang.




Oya, kalau kalian ingin meneguhkan hati sekali lagi kalian bisa kok cek postingan member KBBV (Komunitas Beauty Blogger & Vlogger) lain, karena ini adalah salah satu Beauty Post Collaboration dari mereka! Untuk info selanjutnya kalian bisa cari tau di Komunitas Beauty Blogger & Vlogger


Pssttt, kalau ada sale bagi-bagi info ya!

You Might Also Like

8 comments

  1. sembunyikan atm kayaknya ngga ngaruuuh XDsoalnya atm selalu nongol didopetkuu wkwkwkw
    bikin wishlist dan nyoret yang gak dibutuhin itu juga membantuu banget utk ngurangin pengeluaran yak :D

    ReplyDelete
  2. Setuju dengan tips ke-5 apalagi IRT yang doyan makeup pasti deh seneng bandingin harga, tapi kalau soal nawar aku masih belum jago sih, hhaa jadi kalau pas belanja di 1 toko ngerasa mahal pasti jadi males belanja lagi disitu, hhee
    www.pesonacleopatra.com

    ReplyDelete
  3. LoL! Good idea buat sembunyiin atm.. sm bw uang pas aja.. cr lain.. aku punya 2 atm. 1 bank yg gmpg dicr atmnya, 1 lg yg jrg atmnya maupun mesin edc-nya.. jd abis gajian mayoritas pindahin dl ke atm yg susah dicr.. krn kesel klo kena fee antar bank lain jd aku mikir 2-3x worth gak klo aku byr pake atm / trf dr bank tsb.. ho3..

    Xoxo
    Www.blossomshine.com

    ReplyDelete
  4. 😂😂😂 masih blom lolos euy trik bawa uang pas klo aku mah...
    Oh iya klo boleh nambahin bikin rekening di bank yg jarang atm dan klo pake atm lain feenya mahal bgt (ada kaga ya?)
    Nice tips lim.. 😘

    ReplyDelete
  5. wahahah belum coba sih trik yang sembunyikan atm. kalau sembunyikan uang udah sering ��������
    nice tips dan lucu2

    www.fujichan.net

    ReplyDelete
  6. wahahah belum coba sih trik yang sembunyikan atm. kalau sembunyikan uang udah sering ��������
    nice tips dan lucu2

    www.fujichan.net

    ReplyDelete
  7. Kebalikan nih kita Lim, aku skin care malah enggan beli atau numpuk-numpuk. Soalnya kalo nggak kepake tuh dia bakalan teronggok di meja dan menuh-menuhin banget :( Kalo makeup, aku beli biasanya sih dengan pertimbangan bisa dipake buat look A atau look B etc. gitu. Jadi keputusan beli, udah tau bakal dipake buat apa hehe

    ReplyDelete
  8. Biasanya...biasanya nih..wishlist berakhir dengan eksekusi 😂😂 tp untungnya, aku pake cara masukin ke shopping cart dan tutup window dl. Satu yg aku bangga, kl di konter ENGGA pernah kalap. Mahal mahal soale 😂😂😂

    ReplyDelete